Dampak Negatif Bermain Video Games

Bermain video games jika dilakukan secara berlebihan akan memberikan dampak negatif yang akan merugikan Anda. Selain itu, dampak negatif itu akan Anda dapatkan jika Anda memanfaatkan video games dengan cara yang salah.

Bermain video games merupakan cara yang paling mudah untuk mengusir bosan sekaligus memberikan hiburan bagi Anda yang sedang membutuhkan hiburan di kala bosan.

Namun jika Anda melakukannnya dengan cara yang salah, maka Anda tidak akan mendapatkan dampak positif serta manfaat bermain video games untuk kehidupan Anda melainkan akan membuat Anda mendapatkan dampak negatif dari permainan video games.

Dampak Video Game

Berikut ini adalah dampak negatif dari bermain video games yang perlu Anda ketahui:

  • Membuat kecanduan

Hal inilah yang dikhawatirkan oleh orang tua yang masih memiliki anak usia sekolah. Dampak ini juga akan membuat anak usia sekolah menjadi malas belajar. Jika anak sudah malas belajar, maka prestasi akademiknya juga akan menurun.

  • Berbahaya untuk anak-anak dibawah umur

Terutama jika sudah diperkenalkan dengan jenis games kekerasan. Tentu saja ketika anak usia di bawah umur diperkenalkan dengan permainan ini, maka anak akan terobsesi melakukannya juga dengan teman sekolahnya yang tentu saja akan berbahaya.

  • Merusak mata

Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka radiasi sinar biru pada video games akan merusak mata anak. Jika sudah demikian, maka masa depan anak akan menjadi hancur dan dikorbankan. Sehingga sebagai orang tua yang bijak, batasi bermain video games pada anak

  • Lupa waktu

Video games merupakan permainan yang sangat mengasyikka. Sehingga dengan bermain video games berpotensi membuat lupa waktu.

  • Pembajakan

Harga kaset video games yang mahal membuat orang tidak bertanggung jawab melakukan proses pembajakan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Nah, itulah dampak negatif bermain video games. Hal ini bisa dihindari jika Anda bisa berlaku bijak dan membatasi durasi bermain video games. Caranya adalah dengan memberikan aturan yang jelas untuk memainkan video games bagi anak-anak.